Skip to main content

SKCK Online untuk membuat Visa


Saya membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) untuk  keperluan membuat Visa Partner Australia.

Pertama2 saya mengisi formulir SKCK Online di http://skck.polri.go.id/ . 
Lalu klik "PENDAFTARAN SKCK ONLINE" ( http://skck.polri.go.id/registrasi ) .

Setelah itu ada 4 step yang harus diisi. 
Untuk pertanyaan nomor 1, pilih jawaban "Mabes Polri - Penerbitan Visa".

Setelah semua diisi dengan lengkap, saya mendapat nomor registrasi dan saya print - untuk tanda bukti di loket - bahwa saya sudah mengisi formulir secara online.

(Pengisian formulir secara online sangat bermanfaat dan sangat menghemat waktu pada saat kita datang ke Mabes nanti).

Saya mengisi formulir online pada tanggal 26 Maret 2017 dan nomor registrasi tersebut berlaku sampai tanggal 31 Maret 2017. 

Kalau sampai masa berlaku habis dan kita belum sempat datang ke Mabes, nomor registrasi tersebut akan hangus dan kita harus melakukan registrasi ulang.

 



Pada tanggal 27 Maret 2017 saya berangkat ke Mabes Polri di Jl. Trunojoyo 3 Kebayoran Baru. Jakarta Selatan (Dekat Blok M).

Saya langsung menuju ke Gedung INAFIS untuk pengambilan rumus sidik jari.
Sebelum pengambilan cap 10 jari , saya mengisi formulir data diri dan menyerahkan pas photo 4x6 dengan latar belakang warna merah (1 lembar).

Setelah sidik jari selesai, saya mendapat kartu rumus sidik jari. 
Kartu ini berlaku seumur hidup dan berlaku di seluruh dunia.
Jadi harap disimpan baik-baik.




Setelah itu, saya pergi ke loket pelayanan SKCK - dimana gedung nya berbeda dengan gedung INAFIS.
Tapi jangan khawatir, kalau belum tau, tanya aja sama petugas disana. Petugasnya baik-baik ko :)

Kalau bawa mobil sendiri dan tidak punya kartu anggota atau member, mobil tidak boleh masuk ke dalam Mabes. Jadi harus parkir di luar. Tapi gak jauh ko :)

Setelah sampai di Baintelkam Polri yang berada di Gedung D lantai 1, saya masuk ke tempat pelayanan masyarakat. 

Setelah masuk kedalam ruangan tersebut, saya mengambil tiket antrian yang berada di sebelah kanan pintu masuk.

Saya sarankan untuk berangkat pagi-pagi supaya tidak terlalu lama mengantri.
Mabes Polri sudah buka dari jam 8 pagi sampai jam 2.30 siang, dan jam istirahat dari jam 12 sampai jam 1 siang, setiap hari Senin sampai Jumat.

Setelah menungu agak lumayan lama :P , nomor antrian saya dipanggil juga dan saya menuju ke loket.
Disitu saya ditanya mau kemana dan untuk keperluan apa.

Lalu saya jawab pertanyaan tersebut dan saya menunjukkan semua dokumen yang sudah saya siapkan:
1. Foto copy KTP
2. Foto copy Paspor
3. Foto copy Akte Lahir
4. Foto copy Kartu Keluarga
5. Pas Photo 4x6 dengan latar belakang warna merah (6 lembar)
6. Foto copy kartu rumus sidik jari yang baru saja saya dapat dari gedung INAFIS tadi. 
    (Di dekat loket pelayanan SKCK ada tempat foto copy).
7. Foto copy nomor registrasi pengisian SKCK online.

Saya sarankan foto copy masing2 dokumen sebanyak 2 lembar.
Walaupun yang diserahkan ke loket nanti hanya masing2 satu lembar, (hanya untuk berjaga2 saja).

Saat itu saya sudah membawa surat pengantar dari RT/RW dan dari Kelurahan, tetapi ternyata surat pengantar tersebut tidak diperlukan.
Tapi untuk berjaga2 - sebaiknya surat pengantar tersebuat di bawa. (siapa tau - lain petugas, lain juga aturannya. Jadi dari pada nanti bolak balik, lebih baik kita sudah siapkan).

Saya juga membawa semua dokumen2 yang aslinya. Tapi mereka tidak meminta dokumen yang asli. Tapi saya sarankan untuk membawa dokumen aslinya juga, siapa tau diperlukan.

Setelah semua dokumen saya serahkan, saya disuruh untuk menunggu.
Setelah menunggu beberapa menit, nama saya dipanggil untuk melakukan foto dan pengambilan sidik jari lagi dan tanda tangan.

Lalu saya menunggu lagi. Setelah beberapa menit, saya dipanggil lagi untuk mengecek apakah data2 yang mereka masukkan sudah benar atau belum. Setelah saya cek dan semuanya oke, lalu saya disuruh menunggu lagi.

Setelah menunggu beberapa menit, saya dipanggil lagi. Saya kira sudah selesai, ternyata belum cinttt. 
Karena foto yang tadi saya lakukan hasilnya gelap, jadi mereka memberi saran untuk memakai pas photo yang saya bawa saja. Oke, saya sih setuju aja asalkan semuanya baik2 aja.

Lalu saya disuruh menunggu lagi. Setelah beberapa menit, saya dipanggil dan disuruh membayar Rp. 30.000 untuk biaya SKCK.



Setelah itu, saya mendapatkan SKCK saya. 

Yeayyy... setelah menunggu dan menunggu beberapa menit yang berulang-ulang, hahah - akhirnya jadi juga :)



SKCK tersebut berlaku untuk 6 bulan kedepan. Kalau memang setelah masa berlaku SKCK tersebut habis - dan kita masih memerlukannya, kita bisa perpanjang SKCK tanpa harus melakukan sidik jari lagi, Karena sidik jari hanya dilakukan satu kali dan mereka sudah punya rekaman sidik jari kita.

Demikianlah pengalaman saya mengurus pembuatan SKCK.
Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak :)

-Ary-




 

Comments

  1. Hallo,, infonya detail dan sangad bermanfaat, trimakasih uda sharing.
    Boleh dong sharing process pembuatan partner visa Aussie nya,, trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lensi, thank you for your comment �� terima kasih juga atas masukannya. Nanti aku share proses pembuatan visa partner Australia nya ya. Ditunggu...��

      Delete
  2. Hi thanks ud sharing pembuatan SKCK. Saya mau tanya bagaimana klo posisi saya di luar negeri dan tidak bisa pulang? Padahal saya butuh Police record untuk keperluan Visa partner jg. Mohon infonya please.. Apa bisa diwakilkan ama kluarga di Indo? Thanks

    ReplyDelete
  3. Hi Cherry, thank you for your comment 😊. kalo kamu udah punya cap sidik jari di polda, kamu bisa isi formulir pembuatan skck online, lalu nanti minta perwakilan dari keluarga untuk ambil skck nya. Tp kalo blm punya cap sidik jarinya, masih bisa ko untuk dilakukan dari luar negeri. Untuk INFO lebih lanjutnya, silahkan kamu tinggalkan alamat email, nanti saya kirim INFO lengkapnya via email ya. Thank you 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, rumus sidik jari di mabes polri. Bukan polda😁

      Delete
    2. maaf kak mau nanya kalau pembuatan partner visa skck nya harus sampek mabes polri ya ? atau cuma sampek polda aja kak ? makasih kak

      Delete
    3. Hi mbak ..maaf mau tanya ...
      Klo mau bikin skck partner visa Australia ,
      Berarti langsung datang ke mabes jakarta kah ..?

      Klo misalnya saya mau bikin online di luar negeri ,.
      Cara bikin reka, sidik jari di polri,..gimna ya caranya .

      Terima kasih byk sebelumnya

      Delete
    4. boleh tolong share emailnya, nanti saya kirim info detail melalui email. thank you :)

      Delete
    5. Halo mba aryani, boleh mnta info nya? saya di ausie, dan belum memiliki sidik jari dari polda dan belum bisa plang juga. jadinya gmna cara urusnya ya dari aussie? ini email saya kesh.wijaya@gmail.com Maksih banyak :)

      Delete
    6. hi! terima aksih banyak sharingnya! mbak, boleh info terkait pengambilan skck yang diwakilkan? berkas apa saja yang perlu dibawa saat perwakilan kita mau ambil skcknya? laurensiacindynatasha@gmail.com

      Delete
    7. @Keshia: saya udah email kan ya?
      @Lauren: hi Lauren, saya gak pernah punya pengalaman utk ngambil SKCK perwakilan. Jadi gak tau pasti. Maaf ya. Mungkin fotocopy KTP dan surat kuasa?

      Delete
    8. Halo Mbak Aryani, boleh dong tolong diinfo ke email saya juga irenearifin@yahoo.com, bagaimana caranya kalau belum memiliki sidik jari dari polda. Posisi saya sekarang di US. Terima Kasih

      Delete
    9. Halo mba, boleh saya juga di email bgaimana caranya rekam sidik jari tapi tdk bisa ke mabes, krna sy di australia sekarang.
      Email sy di @nanikandriani84@gmail
      .com

      Delete
  4. Halo mbak Aryani, mau nanya. Kalau rumusan sidik jari harus dibikin di mabes polri? Kalau misalnya saya sudah punya SKCK dari polres, apa bisa dijadikan pengganti?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Prasetyo, perumusan sidik jari harus dilakukan di Mabes. Sepertinya SKCK dari polres tdk bisa utk pembuatan visa partner mas,

      Delete
    2. Mbak aryani saya juga mau di info bagaimana membuat rumusan sidik jari jika kita di ausie makasih email saya cooking2baking75@gmail.com

      Delete
  5. Halo Aryani, saya Indah.
    Saya masih di perth dan belum punya rumus sidik jari di Mabes.
    Apakah saya masih bisa submit permohonan SKCK online? Mohon bantuannya.
    Email saya di christitisari_ungu@yahoo.com
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba Indah, udah aku email ya.
      Thank you:)

      Delete
    2. Hi mba aryani, bisa email ke saya juga? Saat ini saya ada di brisbane apa bisa urus skck dari sini?
      melisarebel@yahoo.com

      Delete
    3. Hello Pamela, udah aku email ya untuk detailnya. Thank you 😊

      Delete
  6. Trimakasih informasinya Mbak Aryani...
    Saya kebetulan mau mengurus utk membuat visa dan sudah mendaftar online, jadi langkah pertama setelah sampai mabes adalah ke INAFIS? Lalu apakah setelah SKCK jadi boleh difotocopy? Dan Durasi pengurusan dari datang hingga selesai berapa lama. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas Tito,
      Iya, sebaiknya langsung ke INAFIS dulu.
      SKCK bisa difotocopy tapi harus yang berwarna.
      Waktu itu kira2 2 jam pengurusan. Tapi mungkin kalau datang pagi, prosesnya bisa lebih cepat:)
      Good luck ya:)

      Delete
  7. mbak perlu surat pengantar dr polres/polsek gak untuk ke mabes nya ?

    ReplyDelete
  8. Hai Mbak Ariyani, posisi saya skrang masih di Rockhampton, Qld. Belum bisa pulang untuk urus skck. Klo urus via online dri oz kayak ap mbak?
    Email : haswin.f@gmail.com , thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mas Haswin, udah aku kirim email ya. Thank you:)

      Delete
  9. Halo kak ..Kalo asal ktp bukan di jakarta bisa urus di jakarta jg gk ya !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, saya kurang tau deh bisa atau engga. Tapi KTP saya Bekasi, dan bisa.

      Delete
  10. Hi Mba! Saya mau buat visa terus di minta SKCK tapi gak boleh keluar dari Aussie? Ini gimana mba? Email saya:ferdyramadhan44@yahoo.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ferdy, udah saya email untuk detailnya ya. Thank you 😊

      Delete
  11. Halo Aryani, saya Ardisa
    Saya masih di melbourne dan belum punya rumus sidik jari di Mabes.
    Apakah saya masih bisa submit permohonan SKCK online? Mohon bantuannya.
    Email saya di ardisa@rocketmail.com
    Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ardisa, sudah di email ya. Thank you😊

      Delete
    2. Mba tlg info gimana pengurusan SKCK putuarylistya@gmail.com.

      Delete
  12. Halo mbak Aryani. ..Terimakasih atas infonya sangat bermanfaat. Kalau tidak keberatan saya mnta dikirim juga ke email saya bagaimana mengurus skck dr luar negeri dan saya belum ada rumus sidik jari juga. Posisi saya di Czech Republic sekarang dan keperluan skck utk mendapat Residence Permit disini.
    Email saya: angelina.ain@gmail com
    Maturnuwun nggih.

    ReplyDelete
  13. Hai mba bisa bantu email cara pengurusan visa partner australia..dan bagaimana cara ngurus skck kalau saya masih di australia...ini alamat email saya
    idaisma29@gmail.com
    Terima kasih mbaa

    ReplyDelete
  14. Hi Ida, sdh dikirim ya-email utk cara pengurusan SKCK posisi di Australia.
    Untuk pengurusan visa partner Australia silahkan cek di https://siti-aryani.blogspot.com/2018/06/apply-visa-partner-australia-dari.html?m=1
    Thank you😊

    ReplyDelete
  15. Hi mba, saya Ricardo. Boleh bantu saya untuk informasi pengurusan skck online? Karena posisi saya saat ini sedang berada di Australia.
    Ini alamat email saya : riccardodartania@gmail.com
    Terima kasih sebelumnya atas bantuannya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ricardo, udah di email ya detailnya. Thank you😊

      Delete
    2. Mba, makasih banyak buat bantuan. Perfect !

      Delete
  16. Hi. Info dong untuk pembuatan SKCK kalo kita ga bisa pulang indo utk keperluan partner visa.
    Email : prillypangleway@gmail.com

    Thanks!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Prilly , udah di email ya. Thank you 😊

      Delete
    2. hi Aryani, info Aku juga dong. thank you ya. sante.magdalena@icloud.com

      Delete
  17. Hai mbk aryani Minta infonya dong untuk pembuatan skck untuk mendapatkan visa kanada, thanks
    Email: henikcahyo81@gmail.com

    ReplyDelete
  18. Posisi saya sekarang bekerja Di hongkong, Dan tdk bisa pulang, bagaimana cara membuat skck untuk mendapatkan visa kanada, thanks
    Email: henikcahyo81@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, di blog ini, saya sharing pengalaman utk visa Australia. Jadi kurang tau juga utk Kanada. Tapi di coba aja ya. Detail udah aku kirim di email ya. Makasih😊.

      Delete
  19. Halo mbak Aryani, infonya sangat bermanfaat. Saya boleh minta info bagaimana mengurus skck dr luar negeri? Saya belum ada rumus sidik jari. Saya tinggal di Jerman dan perlu skck utk mendapat visa WHV Australia.
    Email saya: your.elixir@gmail.com
    Terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. Hi mba, udah di email ya, thank you:)

      Delete
  20. Hi mbak Ariyani, saya punya kasus yang serupa, saat ini posisi saya sedang di Seoul dan belum memiliki rumus sidik jari. Apakah memungkinkan mengurus SKCK dari luar negeri? Mohon informasinya, email saya : michaellimx@gmail.com

    Terima Kasih banyak

    Best Regards,
    Michael Lim

    ReplyDelete
  21. Hi mbak Aryani, saya baru akan memulai perjalan panjang mendapatkan partner visa Australia. Bisa mbak membantu dengan info2 nya? Email saya jackiekorns@yahoo.com

    Terimakasih mbak

    ReplyDelete
  22. Mbak Aryani aku punya case yang sama nich perlu police record tapi aku di Melbourne gimana ya ? Kaydenball@yahoo.com email aku.thank u so much

    ReplyDelete
  23. Salam kenal Mbak Aryani,
    Saya Yulianto di bandung, anak saya Annisa Ayu tinggal di Upper Coomera, Gold Coast North, saat ini sedang mengurus visa partner untuk ausie, dan membutuhkan SKCK, tetapi dia tidak bisa pulang ke indo, minta tlg saya untuk mengurusnya, saya minta info dan saran mbak aryani, apa yg harus saya lakukan dan bagaimana caranya memperoleh SKCK dalam bahasa inggris. Terimakasih atas kebaikan Mbak Aryani. Salam ( email saya: antomaile@gmail.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo pak Yulianto, saya sdh email utk info SKCK ya. SKCK sudah bilingual, jadi sudah otomatis ada bahasa Inggrisnya.
      Terima kasih:)

      Delete
  24. Hallo aryani, Aku Tanya donk, mksd nya skck certified itu gmn ya?? Mksd nya nnti skck nya di certified di Australia gtu? Ato emang uda d certified lgsg sm polda jd gk USA d apa2in lg ? Tq :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di certified maksudnya di legalisir/ditanda tangan & distempel sama pihak yg berwenang (waktu itu saya certified di Dokter Gigi) untuk menjelaskan bahwa dokumen tersebut sesuai dgn aslinya . Karena nanti yg dikirim utk visa adalah dokumen copy/scan. Thank you 😊

      Delete
  25. Oya, saya certified dokumen2 yg diperlukan utk visa - di Indonesia. Karena saya apply visa dari Jakarta .

    ReplyDelete
  26. Oh, jadi skck dari Indonesia tetep Harus d certified lagi di ausi ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu saya certified semua dokumen di Indonesia karena saya apply visa dari Indonesia.

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Jadi gak ada dokumen yg di certified di Australia. Mba apply visa nya dari mana?

    ReplyDelete
  29. Halo mbak, terima kasih info nya ya.
    saya butuh skck untuk partner visa australia (apply dr aussie visa 820) tp belum bisa pulang indo dan belum ada sidik jari.
    tolong bantuan info nya ya;
    carissa.natasha@hotmail.com

    terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Natasha, udah di email ya. Thank you😊

      Delete
  30. Hallo mba ,dulu saya pernah buat skck untuk ke oz itu 3 thn lalu, nah skrg saya diminta buat lg untuk apply pr, sudah 2 thn saya di oz dan blm balik lg ke indo, mohon info nya ya :esmarlina79@gmail.com

    Terima kasih ,


    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo utk PR saya kurang tau mba, krn saya masih proses utk PR sekarang. Tapi dari yg saya dengar, kita bikin police check di Australia. Gak perlu yg di Indonesia lagi. Tapi sebaiknya kirim email ke immigration utk konfirmasi.maaf gak bisa bantu. Thank you:)

      Delete
  31. Hi Mba, ini saya diminta untuk proses skck sepupu yg masih sekolah di jogja, dia diminta mengurus skck untuk visa Aussie.pertanyaannya
    1. Apakah dia harus hadir ke mabes polri jkt? Rumus sidik jari sudah disiapkam oleh polres d jogja dan ada surat pengantae dr polres?
    2. Apakah bisa diwakilkan dengan surat kuasa? Pihak polres jogja menyampaikan bahwa proses skck d mabes dpt diwakilkan tp kalau saya browsing dan tanya2 tdk bisa? Please advise

    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa minta emailnya? Nanti saya kirim detailnya disana. Thank you😊

      Delete
  32. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  33. Helo mba Aryani, aqu py mslh yg sm butuh skck utk visa patner sy di Australia. Bisa nga yah kl bikin skck melalui online? Tp sy blm ad sidik jari sblm y, bs minta tlng kasih solusinya bgi mn.. trimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa minta email nya? Nanti saya kirim detailnya disana. Thank you. 😊

      Delete
  34. hi Aryani,
    apakah lagi kirim visa kmrn sudah berikut skck ? soalnya saya sudah apply visa 461 utk WN. New zealand.. nah saya kmrn blom masukin skck apa nunggu mereka minta skck atau sya siapkan dulu ya.?
    terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu itu saya sertakan SKCK sekalian waktu apply visa.

      Delete
  35. Hi Aryani, salam kenal. Saya jg lg mau urus visa partner Australia, dokumen lain sudah lengkap tp sidik jari belum ada, saya masih di Australia. Boleh tolong email details nya please, ke adsemail.01@gmail.com? Many thanks in advance. -Anastasia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Anastasia, udah di email ya. Hope it helps. Good luck!

      Delete
  36. Halo mba, saya mau tanya apa skck utk visa hrs di huat di jakarta? Dan apakah bisa di buat di daerah domisili saya? Krn saya berasal dari batam, tetapi lama tinggal di bali..terus saya belum pernah membuat skck selama ini..dan skrg saya masi dalam proses visa partner onshore di sydney dan imigrasi belum menanyakan dokumen skck, krn dlu saya apply visa skck blm di lampirkan, tetapi skck pihak suami sudah di ajukan bbrp minggu setelah saya apply visa... Dan skrg saya ada berencana pulang ke indonesia dgn BVB, jd boleh tdk mba saya minta detail nya dan ini emailku mba kirayamato1385@gmail.com 😊😊 makasih bgd atas infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, setahu saya utk bikin skck harus sesuai dgn alamat KTP. Kalo emang ada rencana ke Indonesia, baiknya bikin SKCK sekalian di Indonesia.

      Delete
  37. Nah.. Berarti bisa yaa saya cuman buat SKCK di batam tnpa harus ke jakarta maupun minta skck wilayah bali? ? 😊 Krn masi bingung apa lg skck visa itu bersifat hrs international jd takutnya emg hrs bikin di pusatnya sprt polisi check aussie..iyaa ada plan pulang indonesia cuman masi belum tahu apakah di approve visa BVB utk travelnya hehehe..makanya dari sekarang saya cari info2 dlu.. Makasi

    ReplyDelete
  38. Hi aryani, boleh kirim detail bagaimana Pembuatan skck Tanpa Pulang ke Indonesia buat partner visa di Australia, terima kasih
    Ini email saya etitan.rosidah@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di email ya detailnya .Thank you 😊

      Delete
  39. Thanks for sharing kak, kak sekarang legislasi skck bisa langsung di Baintelkam nya ya? Seperti apa prosesnya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun lalu utk legalisir SKCK saya datang ke Dokter gigi.

      Delete
  40. Hello Aryani,
    Boleh share buat SCKC dari Melbourne tanpa harus balik ke Indo ?
    FYI : saya tidak ada rumus sidik jari di Mabes
    email saya : desy.awiryawan@gmail.com

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Hello mbak,
    saya juga mau apply sckc untuk partner visa di australia. saya di sydney dan belum pernah buat rumus sidik jari.
    bisa tolong bagi infonya?
    Terima kasih banyak ya sebelumnya :)
    email saya: eucy5@yahoo.com

    ReplyDelete
  43. Hi mbak aryani,, Saya Vika ,Saya di Aussie dan Belum memiliki sidik Jari dan Saya mau apply skck untuk partner visa,atau citizens visa, tolong infonya trima kasih,, vikaberd0@gmail.com

    ReplyDelete
  44. Hi Aryani, saya di surabaya. Kalau pembuatan skck di surabaya, apakah saya harus datang ke Mabes polri di jakarta ? bisa dishare caranya melalui email saya 311y.yunita@gmail.com. Sebelumnya terima kasih banyak sudah mau share ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Elly, kalau di Surabaya saya kurang tau. Maaf ga bisa bantu. So sorry:(

      Delete
  45. Hi Aryani, gimana kita tau udah ada rumusan sidik jari, krn sy dah lama banget pernah bikin skck, dan skrg saya perlu lagi, tapi gmn caranya spy saya ga usah pulang ke Indo? Please info saya ke fion279@yahoo.com.au thanks

    ReplyDelete
  46. Hi Aryani,saya ida tinggal berasal dari Depok,sekarang saya tinggal di Australia,saya belum punya rumusan sidik jari di Mabes,bagaimana caranya apply SKCK online ?
    Terima kasih ?

    ReplyDelete
  47. Hi ariyani, sekrng saya di Australia. Gimana Cara buat skck online ya ? Dan saya belum punya rumusan sidik jari mabes.please Email saya ke vitaarachma@gmail.com thank you

    ReplyDelete
  48. Hi Mba Aryani..
    Saya Mau urus SKCK untuk visa, katanya harus ke MABES,tapi sekarang Ada yg online gimana yah prosedurnya?? rhymaindoka869@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Online itu untuk pendaftaran nya aja, supaya mempercepat proses. Jadi kita gak perlu isi formulir lagi. kita tetap harus datang utk sidik jari dan ambil skck nya.

      Delete
  49. Hi Mbak Aryani, saya mau buat skck untuk visa partner tapi saya tidak tinggal di jakarta dan blm ada rumus sidik jari di Mabes Polri. Bisa minta tolong infonya Mbak? Email saya hnnaniko@gmail.com
    Makasih Mbak :)

    ReplyDelete
  50. Hello Aryani,

    Saya juga mau urus SKCK dari Melbourne. Boleh minta infonya juga?
    Saya belum ada rumus sidik jari tapi punya e-ktp.

    Makasih.

    ReplyDelete
  51. hello aryani, kalau saya mau bikin skck internasional tpi akte lahir tidak ada gimana? mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SKCK international maksudnya bikin skck di luar negeri? Saya bikin SKCK di Australia gak perlu akte lahir. Cuma passport, visa, dan bukti tinggal di Australia (SIM atau ATM).

      Delete
    2. bukan skck bikin diluar negri, tpi skck untuk kerja di luar negri. soalnya googling syarat2 nya ada akte lahir

      Delete
  52. untuk pendaftaran online ada rumus sidik jari. harus di isi atau dikosongi saja? untuk mendapatkan rumus sidik jarinya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rumus sidik jari bisa langsung bikin di Mabes Polri (inafis). Saya gak pernah ada pengalaman bikin SKCK utk kerja di luar neger, jadi kurang tau hrs pakai akte atau ngga. Waktu saya bikin SKCK utk pindah ke luar negeri, mereka gak minta akte.

      Delete
  53. Hello Aryani,

    Saya juga mau mengurus SKCK dari luar negri. Boleh minta infonya juga? Ke mitayasella@gmail.com

    Apakah persyaratannya beda kalau ada rumus sidik jari dan tidak ada?

    Terkmakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  54. Hi Aryani,

    Saya mau mengurus SKCK dari Tasmanis. Boleh minta infonya untuk mengutus online, sementara blum punya rumus sidik jari.

    Email saya rosa.delima@rocketmail.com atau rdelima3@gmail.com


    Terima kasih atas bantuannya
    Rosa

    ReplyDelete
  55. Mbhak bisa minta infonya gmana caranya sidik jari dari australia. Saya sudah registrasi online skck. Posisi saya di australia skrg. Email saya : yohanna_lianty@yahoo.com.
    Trimakasih 🙏

    ReplyDelete
  56. Cuma mau kasih saran mba. Mending langsung ditulis aja kalo ada yg tanya jgn lewat email jawabnya. Soalnya akan membantu bgt yang punya pertanyaan sama tinggal liat jawaban di komen tanpa tunggu2 email jawaban dr mba lagi. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg di email itu cuma utk masalah sidik jari. Karena ada formulir & cara/step2 yg lumayan banyak/panjang yg hrs di scan. Jadi hrs lewat email. Thank you:)

      Delete
  57. Hi, saya minta infonya bagaimana caranya untuk scan sidik jadi dari australia. Posisi saya di australia skrg. Email saya: felixhusen@gmail.com. Thanks.

    ReplyDelete
  58. Hi Mba Ary! Thanks for sharing - akhirnya ak nemu juga blog yang sangat membantu ini.
    Mba, ak juga sedang urus Partner Visa - posisi sekarang di Kalimna VIC dan butuh SKCK (tapi belum punya sidik jari sebelumnya). Mba, boleh minta infonya? alamat emailku : antonittesaraswati@gmail.com

    Makasih ya mba :)

    ReplyDelete
  59. Hai mba Ary! Bisa minta informasikan bagaimana proses rumus sidik jari dimana saat ini posisi saya ada di New Zealand dan tidak memungkinkan untuk pulang ke Indonesia untuk pengurusan SKCK sehubungan dengan penerbitan visa? Alamat email saya di kantinmaknyuslondon@gmail.com

    Ditunggu ya mba informasinya. Terima kasih banyak!

    ReplyDelete
  60. Hallo Mba.

    Bos Saya juga punya case sama. Mau apply visa partnr Aussie. Punya Kitas , alamat Bali. Apakah bisa apply online ke Mabes nya. Tlg share informasinya. Ini email saya putuarylistya@gmail.com. terimakasih banyak 🙏

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Apply Visa Partner Australia dari Indonesia

Apply Visa Partner Australia dari Indonesia (Subclass 309/100)   Saya akan share cara untuk mengajukan Visa Partner Australia (De Facto) dari Indonesia (Jakarta).  Saya submit visa ini melalui Immi Account di https://online.immi.gov.au/lusc/login Create ImmiAccount kalau belum punya. Silahkan langsung login kalau sudah punya. Pasangan juga harus punya ImmiAccount.   Sebelum apply visa partner, baiknya membaca dan pelajari dulu Partner Migration Booklet. http://www.victimsservices.justice.nsw.gov.au/Documents/tp_report_partner-migration.pdf Relationship dengan pasangan harus sudah berjalan selama satu tahun atau lebih, sebelum kita bisa apply visa partner. Dokumen yang diperlukan sangat banyak. Saya sarankan untuk mengumpulkan semua dokumen sebelum submit. Walaupun sebenarnya kita bisa submit dulu dan attach dokumen secara nyicil. Tapi ini akan memperlambat proses pembuatan visa.  Dokumen-dokumen yang harus disiapkan:  1. Form 47SP

Baby Wipe Lids Sensory Board

  I created this activity using baby wipe lids and glued it to the cardboard. Sensory boards are a fun way for babies to touch and feel different materials all in one place. Since there are a variety of items to explore, babies have a great time exploring the objects with their hands. We can talk about the feeling of the textures and talk about the colours.  This activity is even more fun for older babies because they can play peek-a-boo with the objects. They love to open and close the lids. They enjoy touching all the materials. The area I am developing through this activity is to stimulate children to explore and investigate. It also helps them to encourages problem solving and develop their thinking skills. EYLF Learning Outcomes: 4.2 - Children develop a range of skills and processes such as problem solving, inquiry, experimentation, hypothesising, researching, and investigating   National Quality Standard: 3.2.2 – Resources, materials and equipment allow for multipl